Ransum Pelet Pakan Ikan Lele

Ransum Pelet Pakan Ikan Lele - Hello guys Info Terbaru 2017, in the article you read here this time with the title Ransum Pelet Pakan Ikan Lele, we have prepared well for you, so here is, read and download the information therein. Hopefully this posts Article Budidaya, Article Budidaya Lele, Article Pakan Lele, that we wrote bringing enjoyment and benefits to you. Ok then, happy reading.

Title : Ransum Pelet Pakan Ikan Lele
Link : Ransum Pelet Pakan Ikan Lele

Also read


Ransum Pelet Pakan Ikan Lele

Ransum pelet pakan ikan lele apabila kita tengok dari label yang terdaftar dalam komposisi bahan pakan ternak yang di jual oleh pokphand maupun japfa amatlah complex, hal semacam ini lantaran mereka mencantumkan zat penyusun pelet ikan lele bukan hanya bahan pangan penyusun pakan ikan lele itu. Mesi demikian zat kandungan pada pelet itu dapat kita susuri bahan pakannya, seperti mineral dapat diperoleh dari tepung tulang atau dolomite, protein kasar dapat diperoleh dari jagung serta dedak. Karenanya sekali ini kita bakal menuliskan ransum untuk pelet pakan ternak ikan lele.

Ransum Pelet Pakan Ikan Lele

Kandungan utama untuk pakan ikan yaitu : karbohidrat, protein, vitamin serta mineral. Dari logika zat makanan itu maka kita dapat membuat serta menyiapkan bahan pangan ternak yang disebut sumber dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin serta mineral yang bisa di-mixer dengan mesin atau manual jadi pelet ikan lele. Misal Beberapa bahan itu seperti berikut :

Sumber karbohidrat:
Dedak halus; dapat diperoleh dengan mudah dari mesin penggilingan padi di seluruh Indonesia atau dibeli di poultry shop, nama lain dari dedak halus ini adalah bekatul dan merupakan sumber karbohidrat dalam pelet ikan lele yang akan kita buat.

Tepung jagung, dapat juga digunakan jagung giling yang tidak terlalu halus selain sebagi sumber karbohidrat tepung jagung ini juga mengandung protein nabati. Harga tepung jagung memang cukup mahal jadi bisa juga dicari alternatif lain seperti tepung sagu.

Sumber protein:
Tepung ikan, dijual di poultry shop dan bisa juga dibuat sendiri dari ikan kering yang ditepungkan. Coba anda perhatikan pakan ikan lele dari pabrik pakan ternak, selalu beraroma ikan. Aroma ikan itu berasal dari tepung ikan ini sebagai sumber protein pada pelet tersebut.

Bungkil kelapa, bungkil kelapa juga mudah didapatkan hampir semua poultry shop menjual bungkil kelapa ini, peran bungkil kelapa dalam pelet ikan adalah sebagai sumber protein nabati dan lemak.

Sumber Vitamin:
Dalam membuat pelet ikan ini kita akan menggunakan minyak ikan sebagai sumber vitamin terutama untuk vitamin A, dan vitamin C untuk ternak yang bisa dibeli secara eceran di poultry shop. Vitamin A berperan penting untuk pertumbuhan dan kesehatan ternak begitu juga dengan vitamin C yang sangat berguna menjaga agar ikan lele menjadi aktif serta merangsang nafsu makan.

Sumber mineral
Sumber mineral ini dapat dimanfaatkan tepung tulang, tepung dolomite atau secara praktis diebeli mineral tepung di poultry shop, harga mineral per Kg saat ini sekitar Rp. 6000. Semua mineral untuk ternak bisa dignakan untuk campuran pembuatan pelet ikan ini. 

Alat yang digunakan :
Karena kita akan membuat pelet pakan ikan dalam jumlah kecil maka kita akan menggunakan alat sederhana dan mudah didapatkan di pasaran. Namun bila kita ingin membuat pelet dalam jumlah besar maka sebaiknya dibeli pellet mill machine yang dijual di toko mesin-mesin ternak. Jadi alat sederhana yang akan kita gunakan adalah:

  1. Ember
  2. Sendok
  3. Plastik kaca kurang lebih 1 m2
  4. Kantong plastik 2 kg 3 buah (plastik gula/ es batu)

Cara membuat :

Buat adonan dari beberapa bahan tertulis diatas dengan memberikan air, adonan di sini mesti mirip adonan kue yg tidak terlampau kering serta tak terlalu cair. Perbandingan bahan pelet ikan itu yaitu : 40% berbahan karbohidrat, 30% berbahan protein, 10% berbahan lemak, 10% berbahan mineral serta 10% berbahan vitamin. Sesudah bahan pelet itu seluruhnya digabung dalam wujud adonan masukkan dalam kantong plastik, lobangi ujung kantong plastik, ikat kantong plastik itu lalu lobangi ujung pojok kantong plastik yang telah diisi adonan dengan paku 5 inci. Kemudian pencet kantong plastik sampai keluarkan adonan dalam wujud benang-benang panjang, pencet dengan cara memanjang (seperti mie) diatas plastik kaca yang telah diolesi minyak. sesudah seluruhnya adonan beralih jadi wujud mie taburi dengan tepung jagung dengan cara tidak tebal (supaya pelet tak menyatu saat pengeringan), kemudian potong-potong jadi pelet ikan lele sesuai dengan ukuran ternak lele anda sekarang ini. paling akhir yaitu menjemur pelet ikan lele itu, baiknya janganlah menjemurnya di bawah cahaya matahari lantaran bisa kurangi kandungan vitamin B. 

Mesin pelet ikan dapat anda dapatkan di penjual mesin-mesin pertanian, atau penjual mesin pembuat tepung. Umumnya di sana telah di jual mesin pembuat pelet ikan, apabila tak ditemukan mesin pembuat pelet anda dapat beli mesin pembuat mie.


Thus articles Ransum Pelet Pakan Ikan Lele

That is all blog posting Ransum Pelet Pakan Ikan Lele at this time, hopefully can provide freshness to you all. Ok then, We'll see you in another article posting.

You now read the article Ransum Pelet Pakan Ikan Lele with the link address http://farrayroom.blogspot.com/2014/03/ransum-pelet-pakan-ikan-lele.html

0 Response to "Ransum Pelet Pakan Ikan Lele"

Posting Komentar