Tata Cara Sujud Sahwi dan Memberi Tahu Sesuatu Dalam Sholat


Sujud sahwi ialah sujud yang di lakukan karena kelupaan dalam sholat, cara mengerjakannya sama dengan sujud biasa, artinya dengan takbir di antara dua sujud dan di kerjakan sesudah tahyatul akhir sebelum salam.

Berikut ini adalah bacaan sujud sahwi :

"Subhaa nalladzi laa yanaa mu wa laa yas hu"

Ketererangan sujud sahwi ialah sebagai berikut :
A. Jika seseorang mengerjakan sholat dan lupa akan bilangan rakaat yang telah di kerjakan, hendaklah ia mengambil yang di yakini yang tersedikit, kemudian sebelum salam ia di sunnahkan sujud sahwi.

Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :

"Jika salah seorang di antaramu ragu-ragu dalam sholatnya, hingga tak tahu lagi berapa rakaat yang telah di kerjakannya, apakah tiga ataukah empat, maka baiklah ia menghilangkan mana yang di ragukan dan menetapkan mana yang di yakini, kemudian sujud dua kali sebelum salam" (H.R. Muslim)

B. Jika terjadi beberapa hal yang menyebabkan sunnahnya sujud sahwi, maka sujud sahwinya cukup di lakukan sekali saja.

C. Jika seorang imam mengerjakan sujud sahwi, maka ma'mum wajib mengikuti imamnya untuk sujud sahwi meskipun tidak tahu sebabnya dan meskipun belum selesai sholatnya karena masbuq.

Dalam hadis di riwayatkan sebagai berikut, yang artinya :

dari Umar r.a.a dari Nabi Muhammad SAW bahwasannya beliau bersabda "Tidak di bebankan atas ma;mum (orang yang di belakang imam) kewajiban sahwi, namun apabila imam melakukan sujud sahwi maka wajib atas ma'mum mengikutinya. (H.R. Turmudzi dan Baihaqi).

Memberi tahu sesuatu dalam sholat :
Dalam jama'ah sholat apabila ma'mum memberitahukan imam karena kelupaan, seperti tertinggal tasyahud di rakaat yang kedua, atau karena kepentingan lain, seperti memberitahukan orang buta supaya jangan jatuh ke dalam lubang dan lain-lainnya, maka di sunnahkan baginya membaca tasbih bagi laki-laki dan bertepuk tangan bagi wanita.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya :

dari Sahal bin Sa'ad r.a. berkata : Rosulullah SAW bersabda : "Bila nampak sesuatu kepada seorang dalam sholatnya, maka hendaklah ia memberi peringatan, yaitu dengan membaca tasbih (subhanallah) bagi laki-laki dan bertepuk tangan bagi wanita" (H.R. Bukhari dan Muslim)

Teman-teman pembaca, semoga apa yang saya tulis ini, lebih meningkatkan lagi ilmu pengetahuan tentang sholat. Kunjungi terus Media Ngaji insyaallah akan terus meng-update artikel-artikel yang mengikuti perkembangan zaman akurat dan terpercaya berdasarkan Al-Qur-an dan Al-Hadis.

0 Response to "Tata Cara Sujud Sahwi dan Memberi Tahu Sesuatu Dalam Sholat"

Posting Komentar