Ucapkan Hello Atau Asalamu'alaikum

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah yang menciptakan manusia untuk saling mengenal dan mendo’akan, Shalawat dan Salam semoga tercurahkan kepada baginda Rasulullah Salallahu’alaihi wasalam, yang telah mengajarkan manusia dengan Akhlaq yang terpuji “saling memberi salam”.

Teman Media ngaji yang di muliakan Allah, Salam adalah suatu perbuatan sopan santun yang di ajarkan oleh Rasulullah kepada Umatnya, di dalam salam tersebut tersirat makna Do’a yang baik-baik yang apabila di baca dan di sampaikan pada orang lain berarti kita sedang mendo’akan mereka, sungguh indah ajaran Rasulullah itu apabila kita menerapkan itu semua.

Pastilah semua orang islam tahu apa itu hakikatnya salam, namun sangat di sayangkan sekali ucapan salam terkadang di main-mainkan ada juga yang menyingkat-nyingkatnya dan pada akhirnya merubah tujuan dari pada makna salam itu sendiri.

Salam adalah suatu perkara yang di syari’atkan dalam islam, hukumnya adalah sunnah dan menjawab salam hukumnya Wajib, salam harus di sebar luaskan sesama umat muslim dengan aturan-aturan yang telah di tuangkan dalam Hadist Nabi Muhammad saw. Dimanapun kita saling bertemu.


hello atau assalamualaikum

Sesuai dengan Hadist Nabi Muhammad saw.

Artinya :
Dari Abu Yusuf ‘Abdullah bin Salam ra. Berkata : “Saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda : “Wahai sekalian manusia sebarluaskanlah salam, berikanlah makanan, hubungkanlah tali persahabatan, dan Shalatlah sewaktu orang-orang sedang tidur, niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat”. (Riwayat At-Turmudzi).

Ucapkanlah salam sesuai dengan Hadist Nabi saw.

Artinya :
Dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah saw. Bersabda : “Orang yang berkendaraan memberi salam kepada orang yang berjalan, orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk, dan yang sedikit memberi salam kepada yang banyak”. (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dalam Riwayat Bukhari dikatakan “yang kecil memberi salam kepada yang besar”

Dari Abu Umamah Shuday bin ‘ijlan Al Bahily ra. Berkata : Rasulullah saw. Bersabda : “seutama –utama manusia menurut Allah adalah orang yang paling dulu mengucapkan salam”. (Riwayat Abu Dawud).

Diriwayatkan pula oleh At-Turmudzi dari Abu Umamah ra. “Ada seseorang bertanya kepada Rasulullah : “Wahai Rasulullah, kalau ada dua orang berpapasan maka siapa yang harus mengucapkan salam lebih dahulu ?” beliau menjawab : “Orang yang lebih utama menurut Allah Ta’ala”.
 
Ucapkan Hello Atau Assalamu’alaikum
 
Umat Muslim sudah selayaknya saling mengucapkan salam, jangan sampai kita sebagai umat muslim justru memakai gaya ketika bertemu sesama muslim dengan gaya jauh dari sikap-sikap Muslim, seperti halnya ketika bertemu hanya dengan mengatakan Hello, Apa khabar, dan ucapan-ucapan yang tidak ada manfa’atnya sama sekali, biasakan mengucapkan Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh apabila saling bertemu, Insya Allah itu lebih bermanfaat.

Semoga bermanfa’at Amin Yarabal’alamin.

0 Response to "Ucapkan Hello Atau Asalamu'alaikum"

Posting Komentar