Macam-macam Sunnah Ab'ad dan Sunnah Haiat Dalam Shalat



Waktu mengerjakan shalat ada dua sunnah, yaitu sunnah ab'ad dan sunnah hai'at.

1. Sunnah Ab'ad
Yaitu perkara sunnah , tetapi jika tertinggal karena kelupaan, harus di ganti dengan sujud sahwi pada penghabisan shalat.

Yang termasuk sunnah ab'ad ialah :
1. Membaca tasyahud awal
2. Mmebaca sholawat pada tasyahud awal
Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :

dari Abdullah bin Mas'ud ia berkata : Telah berpaling Rosulullah saw kepada kami lalu beliau bersabda : "Jika shalat seorang di antara kamu, maka bacalah : Attahiayyatulillah, bersholawat atas Nabi dan membaca kalimat thayyibah, yang artinya : Segala pengabdian ucapan layak bagi Allah, (juga) sekalian pengabdian badan dan harta, mudah-mudahan senantiasa tercurahlah kesejahteraan dan rahmat Allah atas mu. Wahai Nabi mudah-mudahan melimpah kesejahteraan itu atas kami dan hamba Allah yang baik-baik, aku menyaksikan bahwa tiada tuhan yang wajib di sembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-nya dan akan bersaksi bahwasannya Nabi Muhammad itu adalah hambanya dan pesuruhnya. "kemudian boleh ia memilih do'a yang ia sukai, dan berdo'a dengannya" (H.R. Bukhari dan Muslim).

3. Membaca shalawat atas keluarga Nabi pada tasyahud akhir, dalam satu riwayat di terangkan sebagai berikut, yang artinya : Telah bertanya Basyir bin Sa'ad kepada Rosulullah SAW : Ya Rosulullah! Allah telah memerintahkan kepada kami untuk mengucapkan shalawat atas mu, bagaimanakah caranya kami mengucapkan shalwat itu? Nabi pun diam. lalu sabdanya, katakanlah "Allahuma shali alaa muhammad wa'alaa aali muhammad, kamaa barrakta alaa ibrahim, wa baarik' alaa muhammad wa'alaa aali muhammad kama barakta alaa aali ibrahim fil'aalamina innaka hamidin majid" (artinya : Berilah sholawat atas muhammad dan keluarga muhammad, sebagaimana engkau, curahkan kepada keluarga Ibrahim, dan berkahilah Muhammad dan keluarganya,, seperti engkau telah memberi berkah kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya engkaulah zat yang maha terpuji lagi maha mulia di seluruh penjuru alam". (H.R. Muslim dan Ahmad).

4. Membaca Qunut pada shalat shubuh dan shalat wittir pada pertengahan hingga akhir bulan ramadhan.

2. Sunnah Hai'at
Adapun perkara-perkara yang termasuk sunnah hai'at antara lain :
  1. Mengangkat kedua belah tangan sampai sejajar dengan daun telinga, waktu takbiratul ihram, hendak ruku, bangkit dari ruku dan waktu bangkit dari tasyahud awal.
  2. Berdekap tangan, telapak tangan yang kanan di atas pergelangan tangan kiri
  3. Mmebaca do'a iftitah sehabis takbiratul ihram
  4. Membaca ta'awudz ketika hendak membaca Al-Fatihah 
  5. Membaca bissmillah ketika hendak membaca Al-Fatihah
    Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya : dari Abi Hurai'rah r.a. ia berkata : Rosulullah SAW telah bersabda : "Jika engkau semua membaca fatehah, bacalah Bismillahhirahmanirahim, karena bismillah adalah salah satu ayat dari Fatehah. (H.R. Daraquthni dan ia membenarkan melihatnya).
  6. Mmebaca surat-surat Al-qur-an pada dua rakaat permulaan (rakaat pertama dan kedua) sehabis membaca fatehah
  7. Membaca amin sesudah membaca Al-Fatihah
  8. Mengeraskan suara bacaan Fatihah dan surat pada rakaat pertama dan kedua pada shalat magrib, isya dan shubuh, kecuali kalau dia menjadi ma'mum
  9. Membaca takbir "Allahu Akbar"
  10. Membaca tasbih ruku dan sujud
  11. Membaca "sami'allahu liman hamidah" dan membaca do'a ketika i'tidal
  12. Meletakan telapak tangan di atas paha pada waktu duduk tasyahud awal dan akhir, dengan membentangkan jari kiri dan merenggangkan yang kanan, kecuali jari telunjuk.
  13. Duduk iftisary dalam semua duduk shalat
  14. Duduk "tawarah" (bersimpuh) pada waktu tasyahud akhir
  15. Membaca salam yang kedua. Memalingkan muka ke kanan dan ke kiri, masing-masing pada waktu membaca salam pertama dan kedua.
Nah seperti itu teman-teman macam-macamnya sunnah ab'ad dan sunnah haiat dalam sholat. Semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat buat teman-teman pembaca semua.

0 Response to "Macam-macam Sunnah Ab'ad dan Sunnah Haiat Dalam Shalat"

Posting Komentar