Cara Benar Mensucikan Hadas Besar dan Kecil

Mengerjakan amalan ibadah, menyembah atau menhadap sang pencipta Allah SWT, haruslah bersih dan suci, baik suci lahir maupun batin, agar amalan ibadah kita di terima oleh Allah SWT, supaya mendapatkan pahala atau hikmah yang nyata apa yang telah kita kerjakan amin, dan juga sesuai apa yang telah di janjikan oleh Allah SWT, maka maka haruslah memperhatikan dengan cermat dan teliti sebelum mengerjakannya. Terutama dalam hal kesucian badan atau tempat dan lain-lainnya, karena tidak sedikit orang yang mengerjakan ibadah hanya mendapatkan cape dan lelahnya saja, dan banyak juga orang yang berputusasa karena ibadahnya. Ini semua haruslah menjadi perhatian yang serius, karena kalau kita membiarkannya begitu saja maka akan berdampak kepada merosotnya ke imanan kita kepada Allah SWT terutama dalam hal menjalankan dan meninggalkan larangan-larangannya.


Suci dari hadas adalah sesuatu yang sangat penting dalam dalam kedudukannya sebelum mengerjakan sholat, tapi terkadang kita mengannggapnya enteng saja, padahal suci adalah salah satu penentu di terima atau tidak sholat kita. Hadas adalah yang wajib di sucikan dengan tata cara yang benar. Maka saya akan jelaskan beberapa cara untuk menghilangkan Hadas.
  
Hadas terbagi menjadi dua yaitu : 
  • Hadas Besar
    Yaitu cara mensucikannya dengan mandi besar atau kalau tidak ada air bisa dengan cara bertayamum, adapun bertayamum karena hadasbesar/junub caranya adalah sama sperti bertayamum ketika wudhu tidak air "peringatan" dilarang tayamum karna hadas besar/junub dengan cara mengguling-gulingkan badan kita ke tanah
Yang menyebabkan hadas besar yaitu ada lima :
  1. Hubungan kelamin yaitu bertemunya dua alat  kelamin laki-laki dan perempuan.
  2. Keluar Mani di sengaja atau tidak di sengaja (mimpi basah) 
  3. Haid atau datang bulan khusus untuk perempuan. Yaitu keluar darah "secara wajar' dari rahim wanita beberapa hari dari tiap-tiap bulan
  4. Melahirkan bagi perempuan
  5. Nifas yaitu darah yang keluar dari rahim wanita sehabis melahirkan 
  • Hadas Kecil 
    Cara mensucikannya adalah dengan ber-wudhu. Atau tayamum (bersuci menggunakan debu dengan syarat-syarat tertentu). 
Yang menyebabkan hadas kecil yaitu ada dua :
  1. Keluarnya sesuatu dari kubul atau lubang depan seperti Kencing dll
  2. Keluarnya sesuatau dari dubur atau lubang belakang, seperti BAB, Kentut dll
Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Kunjungi terus blog Media Ngaji insyaallah akan terus meng-update artikel-artikel yang bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Cara Benar Mensucikan Hadas Besar dan Kecil"

Posting Komentar